Langsung ke konten utama

AROMA OIL MASSAGE - MINYAK PIJAT AROMATHERAPY


AROMA OIL MASSAGE
Aroma yang kuat - bau yang sedap bisa segera memicu ingatan, tempat, atau orang yang kuat. Aroma memiliki kekuatan untuk membangkitkan emosi dan kenangan seketika dan secara langsung dapat mempengaruhi tubuh kita melalui sistem saraf kita.

Saraf penciuman memberi kita indra penciuman dan mulai dari hidung kita dan memasuki tengkorak melalui lubang-lubang kecil untuk terhubung langsung ke otak . Saraf ini dengan cepat mengirimkan sinyal ke berbagai bagian otak, termasuk sistem limbik dan amigdala,yang bertanggung jawab atas emosi, mood, dan memori. 

Sistem ini juga bertanggung jawab untuk mengatur sistem saraf otonom kita, yang dapat memicu respons fight-or-flight, mempercepat napas, detak jantung dan meningkatkan tekanan darah kita, atau dapat menenangkan kita melalui sistem saraf parasimpatis, yang mana Santai tubuh kita. 

Teori ini membantu menjelaskan mengapa aroma bisa begitu cepat memicu reaksi fisik di tubuh kita dan memiliki efek yang langgeng setelah wangi hilang. Minyak esensial seperti lavender bahkan telah terbukti bereaksi dengan cara yang sama secara biokimiawi bahwa obat anti-kecemasan berhubungan dengan neurostreseptor tertentu.

Aromaterapi adalah praktik pengobatan komplementer dan alternatif yang memanfaatkan kekuatan penyembuhan dari minyak esensial yang diambil dari tumbuhan untuk menyeimbangkan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. 

Minyak atsiri dapat diencerkan dengan air dan disebarkan ke udara atau beberapa tetes dapat digosok dengan lembut ke titik akupresur pada tubuh. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak esensial khusus yang digunakan dalam aromaterapi dapat membantu menghilangkan stres, melemaskan tubuh, dan meningkatkan tidur yang lebih baik.

Berikut adalah EMPAT minyak esensial yang bisa membantu meredakan stres dan meningkatkan tidur.
1. Lavender
Minyak esensial Lavender adalah salah satu minyak esensial yang paling banyak dipelajari dalam hal efeknya yang santai. Satu studi menemukan bahwa aromatherapy minyak lavender menenangkan sistem saraf - menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan suhu kulit serta mengubah gelombang otak ke keadaan yang lebih rileks. 

Lavender juga bisa membantu dengan insomnia ringan dan memberikan kualitas tidur yang lebih baik. Lavender aromaterapi juga telah ditemukan untuk membantu mengurangi kecemasan dan depresi pada wanita dengan depresi pascamelahirkan. Lavender juga telah ditemukan untuk membantu mengurangi kecemasan di banyak setting medis, seperti kantor gigi, unit perawatan intensif, dan selama persiapan sebelum operasi.

Aroma lavender merangsang jalur otak, termasuk sistem limbik kita, yang terhubung dengan respons emosional dan kenangan kita. Studi menggunakan electroencephalography (EEG) , yang mengukur gelombang otak, dan pencitraan otak dengan menggunakan magnetic resonance imaging fungsional (fMRI) menunjukkan perubahan signifikan selama aromatherapy lavender yang konsisten dengan efek relaksasinya.

Lavender aromaterapi umumnya aman, kecuali untuk orang-orang dengan alergi terhadap lavender. Jika Anda mengaplikasikannya secara teratur pada kulit Anda, penting untuk berbicara dengan dokter Anda karena lavender dapat memiliki efek estrogenik, jadi penggunaan secara teratur harus dilakukan dengan hati-hati, terutama pada anak-anak .

2. Lemon atau Yuzu
Sebuah studi baru dari periset Jepang telah menemukan bahwa aroma jeruk yuzu dapat menenangkan stres dan kecemasan dan menurunkan detak jantung Anda hanya dalam 10 menit, dengan efek yang berlangsung hampir setengah jam. Yuzu adalah sejenis buah jeruk Asia Timur yang sering digunakan dalam masakan Asia.

Kebiasaan Jepang yuzu-yu atau yuzu mandi di mana seluruh yuzus mengapung di pemandian air panas untuk menghilangkan tanggal stres sejauh abad ke-18. Anda bisa mencoba menyebarkan yuzu atau minyak esensial buah sitrus sejenis lainnya, yang bisa lebih terjangkau, termasuk lemon. Beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa lemon juga dapat merangsang dan meningkatkan detak jantung , sehingga hasilnya beragam, namun Anda bisa mencobanya untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap Anda.

3.MINYAK CENDANA 
Minyak cendana (sandalwood oil) merupakan minyak yang berasal dari hasil penyulingan hati kayu (heart wood) batang pohon Cendana. Minyak ini merupakan minyak “magic” yang istimewah. Tahukah anda bahwa ternyata minyak sandalwood sudah digunakan sejak 2000 tahun yang lalu? Sejarah mencatat bahwa putri Cleopatra, para raja-raja Babylonia dan raja-raja romawi dulu, telah menggunakan cendana ini sebagai bahan wewangian dan dupa.

Minyak esensial ini tidak hanya memiliki aroma yang luar biasa, cendana (sandalwood) juga memiliki efek pada kesejahteraan dan kesehatan mental, bersama dengan banyak sifat penyembuhan lainnya.

Manfaat Sandalwood Essential Oil : 
A. Kejernihan Mental

Salah satu manfaat utama cendana (sandalwood) adalah mempromosikan kejernihan mental saat digunakan sebagai dupa atau wewangian.

Inilah sebabnya mengapa minyak ini sering digunakan untuk meditasi, doa, atau ritual spiritual lainnya.

Sebuah studi tahun 2006 mengevaluasi efek dari minyak cendana (sandalwood oil) pada konsentrasi dan gairah.

Subyek penelitian yang menerima minyak cendana, bila dibandingkan dengan kontrol, merasa lebih awas secara mental dan menunjukkan perilaku yang terkait dengan peningkatan perhatian dan kejelasan kognitif.

B. Relaksasi dan Menenangkan

Tidak hanya cendana bermanfaat bagi kejernihan mental, tapi juga membantu menciptakan perasaan relaksasi dan ketenangan.

Studi tahun 2006 yang telah dibahas sebelumnya menemukan bahwa meskipun cendana merelaksasi ketika dihirup atau digosokkan pada kulit, namun tidak membuat mengantuk seperti lavender.

Sebaliknya, minyak cendana (sandalwood oil) memicu perasaan harmonis, kesadaran lebih, dan kejernihan.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Complementary Therapies in Clinical Practice, menemukan pasien yang menerima perawatan paliatif merasa jauh lebih santai dan tidak cemas ketika mendapatkan aromaterapi cendana sebelum menerima perawatan, bila dibandingkan dengan pasien yang tidak menerima cendana.

C. Penguat Memori

Minyak cendana (sandalwood oil) juga dapat bekerja sebagai penguat memori.

Sulit untuk mengingat hal-hal penting ketika dalam kondisi stres, karena itu menggunakan minyak cendana mampu mempromosikan kejernihan mental dan membantu meningkatkan memori.

D. Afrodisiak Alami

Cendana juga merupakan afrodisiak yang membantu meningkatkan libido, terutama bagi laki-laki dan memberikan energi.

Cendana bisa ditambahkan ke minyak pijat atau lotion topikal.

E. Astringent

Cendana (sandalwood) adalah astringent ringan, yang berarti dapat menginduksi kontraksi kecil dalam jaringan lunak, seperti gusi dan kulit.

Banyak aftershave dan toner wajah menggunakan cendana sebagai salah satu bahan utama untuk membantu menenangkan, mengencangkan, dan membersihkan kulit.

F. Anti-virus dan Antiseptik

Cendana (sandalwood) merupakan agen anti-virus yang sangat baik dan ditemukan bermanfaat mencegah replikasi virus umum, seperti herpes simplex.

Minyak ini dapat diterapkan pada kulit untuk mengurangi peradangan dari iritasi kulit ringan seperti luka dangkal, jerawat, kutil, atau bisul.

Pastikan untuk selalu menguji minyak pada area kecil sebelum menerapkannya langsung ke kulit atau mencampurnya dengan minyak carrier terlebih dahulu.

Minyak cendana juga telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati infeksi saluran kencing dan infeksi dada.

Jika mengalami sakit tenggorokan, Anda juga bisa berkumur dengan secangkir air yang telah ditambahkan beberapa tetes minyak cendana.

G. Anti-inflamasi
Cendana (sandalwood) juga merupakan agen anti-inflamasi yang dapat membantu peradangan ringan seperti gigitan serangga, iritasi kontak, atau kondisi kulit lainnya.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahan aktif dalam cendana yang disebut santalol terbukti efektif membantu menurunkan penanda peradangan dalam tubuh yang disebut cytokine.

Diyakini bahwa santalol bertindak dengan cara yang sama seperti obat NSAID, tapi tanpa potensi efek samping negatif.

H. Ekspektoran

Cendana (sandalwood) sangat baik untuk mengobati batuk, karena memiliki sifat menenangkan.

Minyak ini juga membantu melawan bakteri atau virus yang merupakan penyebab batuk dan penyakit pernapasan lainnya.

Tambahkan beberapa tetes ke tisu atau kain lap dan hirup napas dalam untuk membantu mengurangi keparahan dan durasi batuk.

I. Hipotensi

Cendana (sandalwood) telah dipelajari untuk potensinya dalam menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi tahun 2004 menemukan ketika minyak cendana diaplikasikan langsung ke kulit terjadi penurunan tekanan darah sistolik bila dibandingkan dengan kelompok kontrol.

J. Meringankan Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi menyakitkan yang disebabkan oleh kulit dari rahim yang tumbuh di luar rahim.

Mengambil tiga tetes minyak esensial cendana setiap hari dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan.

K. Anti-aging

Cendana (sandalwood) tinggi antioksidan sehingga membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang memicu penuaan.

Tambahkan 5 tetes minyak cendana ke lotion tanpa wewangian dan terapkan langsung ke wajah untuk manfaat anti-penuaan.

L. Anti-spasmotic

Karena kemampuannya merelaksasi, cendana (sandalwood) dapat bertindak melawan kejang saraf, otot, dan pembuluh darah.

MANFAAT MINYAK CENDANA UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN 
Dikutip dari organicfact.com, minyak cendana mempunyai beberapa manfaat yaitu :


  1. Untuk mengobati batuk, pilek, gondok dan penyakit kerongkongan lainnya.
  2. Sebagai anti radang yang disebabkan oleh demam atau virus.
  3. Mengurangi tekanan darah yang dialami oleh orang dengan tekanan darah tinggi (hipertensi)
  4. Meningkatkan dan merangsang daya ingat dan konsentrasi.
  5. Membuat otak tenang, santai, dan menghilangkan kecemasan serta mencegah stress.
  6. Meningkatkan relaksasi, ketenangan, konsentrasi, penglihatan batin, dan pikiran positif.
  7. Menjadi tonik kesehatan yang sangat baik bagi siapa saja, terutama bagi pertumbuhan anak.
  8. Menenangkan perut dan sistem pencernaan, peredaran darah dan saraf
  9. Membantu semua system tersebut untuk menjadi selaras dan tidak menimbulkan kelainan.
  10. Sebagai deodoran untuk menghilangkan bau badan.
  11. Melembutkan rambut dan kulit serta, mencegah jerawat pada kulit


4. Minyak Zaitun 
Adalah Minyak Terbaik Untuk Pijat Badan
Banyak orang yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan, bahkan sejak zaman Romawi Kuno...

simak manfaat minyak zaitun untuk kulit berikut ini : 
Minyak zaitun adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman tradisional di wilayah Mediterania ini mengandung lemak, vitamin E, vitamin K, dan sedikit sekali zat besi.
Untuk kulit tubuh
Mengatasi kulit kering dan melembapkan kulit juga diduga menjadi salah dua manfaat minyak zaitun untuk wajah. Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga mudah diserap dengan baik ke dalam kulit. Minyak zaitun biasanya tidak menyebabkan alergi, akan tetapi disarankan untuk tidak dioleskan ke kulit yang berjerawat. Dan menurut salah satu penelitian, minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker kulit.

Zat antioksidan dan antiinflamasi yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih berseri. Selain dioleskan ke kulit, mengonsumsi minyak zaitun juga dapat memberi Anda manfaat antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan mengurangi peradangan yang mempengaruhi kerutan dan kekencangan kulit.


Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh diduga juga bisa diterapkan untuk mengobati eksim (kulit merah dan gatal), psoriasis(kulit merah dan terkelupas), dan infeksi jamur (kurap atau ringworm, jamur di lipat tubuh, dan panu). Namun, penelitian dan bukti lebih lanjut diperlukan untuk mendukung berbagai pernyataan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat Body Massage,  Melancarkan Sirkulasi Darah - Dengan gerakan yang tepat, proses pemijatan pada tubuh akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Biasanya, saat Penikmat Pijat  merasa stres dan lelah, sirkulasi darah akan terhambat. Karena itu, jangan ragu mencoba body massage sebagai satu gaya hidup sehat untuk kulit cantik Sehat Penikmat Pijat. Massage Terapis Karyawan | Pijat Spa ONLINE 24 JAM :    PIJAT PANGGILAN BANDUNG  Hubungi : +6287828617910 Tarip Pijat Tradisionil : IDR 250K/90Menit

Layanan Massage | Terapis Massage | Massage Sehat Indonesia

PENTING UNTUK JAGA KONDISI TUBUH  KESEHATAN merupakan faktor yang sangat penting bagi manusia. Tidak hanya terbebas dari penyakit, sehat juga merupakan kondisi saat tubuh bebas dari beragam tekanan. Karena itu, relaksasi sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Pada saat tubuh dan pikiran rileks, sering kali secara otomatis, stres yang menjadi penyebab otot-otot tegang akan menjauh. Sayangnya, kondisi sehat yang sempurna ini sulit ditemui bagi mereka yang tinggal dan berkegiatan di kota metropolitan. Tuntutan untuk beraktivitas lebih cepat, pekerjaan yang serba sibuk, polusi, kemacetan, dan beragam permasalahan hidup khas kota metropolitan membuat orang lekat dengan gaya hidup kurang sehat dan rentan stress yang dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan pada tubuh. Massage Online Kota Bandung Memberikan Paket Relaksasi Sebaga Berikut : 1. Full Body Massage Durasi 2 Jam Rp 250.000,- 2. Body Massage + Scrub + LULUR Durassi 2 jam Rp 250.000,- Profesional Terapi

Pijat panggilan Pasteur Djali Bandung - Home | Facebook

Kesehatan & Kebugaran