Langsung ke konten utama

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan


Jahe merupakan tanaman dengan rasa agak pedas, rimpang jahe biasanya dipanen dan digunakan. Rimpang merupakan batang tempat akar muncul. Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu merangsang fungsi pankreas dan sistem pencernaan.


Jahe merupakan tanaman herbal yang selama ini sangat dipercaya, terutama oleh masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dilihat pada olahan jahe yang biasanya dinikmati sebagai minuman hangat dalam cuaca dingin. Bahkan sifat jahe yang bisa menghangatkan tubuh ini, telah banyak digunakan oleh produsen obat atas nama jahe sebagai bahan obat.

Jahe merupakan tanaman dengan rasa agak pedas, rimpang jahe biasanya dipanen dan digunakan. Rimpang merupakan batang tempat akar muncul. Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu merangsang fungsi pankreas dan sistem pencernaan.

Tanaman ini juga berguna untuk mengobati penyakit pernapasan, seperti batuk atau flu, dan sebagai obat penenang untuk mengurangi rasa sakit tubuh. Kandungan Vitamin C dan B6 yang sangat baik, bersama dengan mineral seperti potassium, membuat jahe menjadi obat alami yang baik untuk berbagai penyakit. Jahe bahkan memiliki sifat antioksidan.

Manfaat jahe bagi kesehatan yang merupakan rempah pilihan para ibu untuk dijadikan bumbu masak bagi kesehatan tubuh manusia karena kandungan senyawa berupa minyak atsiri yang salah satu khasiatnya adalah memberi kehangatan pada tubuh saat cuaca dingin di malam hari.

Sejumlah manfaat sebagai tanaman herbal dan menyimpan segala macam zat baik untuk tubuh, jahe mengandung vitamin A, C, E, B, beta-karoten, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zat besi, dan kalsium maka lengkapnya manfaat jahe kami rangkum sebagai berikut ini adalah:

MEMPERBAIKI PENCERNAAN
Akar ini mengandung konsentrasi serat tinggi, sehingga meningkatkan fungsi usus Anda. Ini juga membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi sambil membantu menghilangkan semua racun yang dapat menyebabkan pembengkakan dan ketidaknyamanan pada perut.

MELANCARKAN PEREDARAN DARAH
Manfaat jahe yang pertama adalah melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

MENGOBATI MIGRAIN
Pada sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

MENGATASI MABUK PERJALANAN
Dengan minum wedang jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan roda empat dapat mencegah mabuk perjalanan karena sifat-nya sebagai anti-mual. Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Sebagai pertolongan pertama jangan langsung gunakan obat warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.

MENCEGAH PERUT BUNCIT
Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Dengan adanya sebuah peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

MENGATASI MORNING SICKNESS
Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH
Tubuh akan kebal dari serangan penyakit, caranya dengan meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas. Jika antiobodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda bisa mengambil minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat sebagai antioksidan.

MENURUNKAN BERAT BADAN
Di dalam tubuh jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Di lain sisi TOGA ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai andil besar untuk menaikkan berat badan.

MENGHILANGKAN KETOMBE
Ekstrak jahe bisa digunakan sebagai hairdresser yang secara alami membantu mengurangi ketombe, karena ia menemukan manfaat kapur. Ekstrak jahe juga bisa mencegah masalah rambut rontok.

MENGATASI KULIT BERMINYAK
Bahan mineral alami dalam jahe bisa diandalkan untuk mengurangi kulit yang cenderung berminyak, caranya campur ramuan jahe parut dengan garam laut, bubuk kayu manis dan bubuk pala lalu dihaluskan dengan air, sampai terlihat seperti pasta, lalu oles pada titik yang banyak minyak dan diamkan 10 menit, bilas dengan air dingin.

MENGATASI MASALAH PERNAFASAN
Masalah pernafasan yang paling umum adalah batuk atau pilek. Jahe adalah sejenis ekspektoran alami yang bekerja dalam meringankan sistem pernafasan, yang membelah dan menghilangkan lendir (dahak) dapat dengan mudah keluar dan mengembalikan sistem pernafasan seperti biasa.

ANTIOKSIDAN YANG BAIK
Jahe merupakan sumber vitamin dan mineral yang banyak. Sifat antioksidannya bermanfaat bagi kesehatan jantung dan membantu melawan pengerasan serta penyempitan arteri, sehingga membantu aliran darah.

MEMBERSIHKAN KOTORAN DALAM TUBUH
Apabila sering mengkonsumsi jahe secara rutin dengan cara diseduh, hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkan berbagai jenis kotoran jahat yang terdapat dalam tubuh.

Untuk kecantikan, jahe bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe, melembapkan tubuh, dan mencegah rambut kering, mencegah kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan.

MENJAGA KADAR KOLESTEROL
Air jahe bisa membantu tubuh Anda mengatur kadar kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kadar kolesterol dalam aliran darah dapat menyumbat arteri dan menyebabkan masalah kardiovaskular.

ANTI JAMUR
Dari 29 jenis tanaman herba yang dievaluasi oleh studi University Carleton, jahe mendapatkan juara sebagai ekstrak paling efektif dalam manfaat mengusir atau membunuh jamur.

Sifat anti jamurnya membuat jahe sangat bagus jika digunakan dalam mengatasi jamur pada kulit semisal yang disebabkan oleh panu.

Caranya dicampur minyak pohon teh dengan minyak jahe murni kemudian minyak kelapa. Terapkan secara teratur 3x sehari ke daerah bermasalah.

PENCEGAHAN TIMBULNYA KANKER
Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal dan gejala kanker patu-paru.

MEMBUAT TUBUH PERKASA
Kandungan senyawa yang terdapat jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini tentunya efektif dalam hal untuk membangun otot pada bagian tubuh seperti otot pada lengan. Berdasarkan sebuah penelitian bahwa dapat disimpulan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlebihan.

EFEK SAMPING JAHE
Penggunaan jahe kemungkinan aman bagi kebanyakan orang. Namun terdapat beberapa efek samping ringan yang mungkin ditimbulkan seperti rasa mulas, diare dan rasa tidak nyaman pada perut. Kemudian pada wanita yang sedang mengalami periode menstruasi, telah melaporkan tambahan perdarahan saat mengkonsumsi jahe. Pada beberapa orang, penggunaan jahe pada kulit juga dapat menyebabkan iritasi. Terdapat beberapa peringatan dan tindakan pencegahan khusus seperti penggunaan terhadap

Bagi Ibu bu hamil – Konsumsi jahe pada saat kehamilan masih kontroversial, karena ada beberapa kekhawatiran bahwa jahe dapat mempengaruhi hormon seks janin. Terdapat laporan keguguran janin saat berumur 12 minggu, pada wanita yang mengkonsumsi jahe untuk mengatasi morning sickness. Sejumlah penelitian pada wanita hamil memberikan hasil, bahwa jahe dapat digunakan secara aman untuk morning sickness tanpa membahayakan bayi. Risiko utama pada bayi yang menggunakan jahe saat hamil, tampaknya masih di ambang batas wajar yaitu sekitar 1% hingga 3%. Kemudian juga terlihat, tidak ada pemicu terhadap peningkatan risiko persalinan dini atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

Ibu Menyusui – Tidak cukup diketahui tentang keamanan mengkonsumsi jahe selama menyusui. Jadi untuk tindakan yang paling aman adalah dengan tidak mengkonsumsinya.

Resiko Pendarahan – Efek samping jahe dapat meningkatkan risiko pendarahan

penyakit Diabetes – Jahe dapat menurunkan gula darah, sehingga perlu disesuaikan dengan obat diabetes yang diberikan oleh tenaga medis.

Kelainan Kondisi jantung – Hati-hati saat menggunakan jahe pada dosis tinggi yang tinggi, karena jahe dapat memperburuk kondisi jantung tertentu.

Manfaat jahe tidak hanya sebatas obat herbal, tapi juga digunakan sebagai bubu masak, terutama untuk menghilangkan bau amis dalam sejumlah bahan makanan seperti ikan, daging atau ayam.

Dalam perkembangannya, jahe sudah banyak yang dibuat seketika mudah digunakan, dan praktis tanpa harus mengolah jahe secara langsung terlebih dahulu. Tentu ini karena jahe menyimpan manfaat luar biasa.

Manfaat jahe dan efek samping jahe ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat Body Massage,  Melancarkan Sirkulasi Darah - Dengan gerakan yang tepat, proses pemijatan pada tubuh akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Biasanya, saat Penikmat Pijat  merasa stres dan lelah, sirkulasi darah akan terhambat. Karena itu, jangan ragu mencoba body massage sebagai satu gaya hidup sehat untuk kulit cantik Sehat Penikmat Pijat. Massage Terapis Karyawan | Pijat Spa ONLINE 24 JAM :    PIJAT PANGGILAN BANDUNG  Hubungi : +6287828617910 Tarip Pijat Tradisionil : IDR 250K/90Menit

Layanan Massage | Terapis Massage | Massage Sehat Indonesia

PENTING UNTUK JAGA KONDISI TUBUH  KESEHATAN merupakan faktor yang sangat penting bagi manusia. Tidak hanya terbebas dari penyakit, sehat juga merupakan kondisi saat tubuh bebas dari beragam tekanan. Karena itu, relaksasi sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Pada saat tubuh dan pikiran rileks, sering kali secara otomatis, stres yang menjadi penyebab otot-otot tegang akan menjauh. Sayangnya, kondisi sehat yang sempurna ini sulit ditemui bagi mereka yang tinggal dan berkegiatan di kota metropolitan. Tuntutan untuk beraktivitas lebih cepat, pekerjaan yang serba sibuk, polusi, kemacetan, dan beragam permasalahan hidup khas kota metropolitan membuat orang lekat dengan gaya hidup kurang sehat dan rentan stress yang dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan pada tubuh. Massage Online Kota Bandung Memberikan Paket Relaksasi Sebaga Berikut : 1. Full Body Massage Durasi 2 Jam Rp 250.000,- 2. Body Massage + Scrub + LULUR Durassi 2 jam Rp 250.000,- Profesional Terapi

Pijat panggilan Pasteur Djali Bandung - Home | Facebook

Kesehatan & Kebugaran